;

Protokol Tranfer Data

HTTP adalah protokol yang dipergunakan untuk mendistribusikan informasi pada WEB. HTTP adalah protokol yang yang hebat dan cepat untuk kemudahan pertukaran file antar teknologi WEB. Umumnya para pemakai dan publihers (penyedia) Web menginginkan kemanan. Mereka ingin melakukan transaksi Internet yang aman. Isu keamana yang sering muncul pada penggunaan eCommerce / Intenet Commerce adalah kemampuan pengesahan (authenticate) dan pengkodean (encryption) terhadap transaksi-transakasi elektonik.

Pada saat ini ada beberapa konsep untuk versi HTTP yang aman (secure HTTP). Yang populer adalah Secure HTTP (S-HTTP) dan Secure Socket Layer (SSL). Dengan diadopsinya konsep keamanan pada HTTP ini diharapkan akan menjamin keamanan transaksi bagi pemakai transaksi Online di Internet.

Bagaimana WEB Page bekerja?

Ketika kita melihat halaman-halam WEB, halaman-halaman WEB tersebut terlihat seperti surat kabar. Memanggil halaman WEB pada prinsipnya memerintah komputer kita untuk menampilkan halaman-halaman yang kita inginkan, dan selanjutnya halaman WEB muncul di layar komputer  kita. Jika halaman web tersebut tersimpan pada komputer lokal (pada hardisk) komputer kita, halaman tersebut tentunya muncul dengan cepat. Namun jika halaman web tersebut terdapat pada komputer lain (komputer remote), maka halaman web tidak muncul secepat halman web pada komputer lokal tadi.

Sebelum kita mengenal apa itu HTML ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu HTTP (hypertext transer protokol). HTTP merupakan protokol yang digunakan untuk mentransfer data atau dokumen antara web server ke web browser (Netscape, Internet Explorer dll).
Dan protokol ini sewaktu melakukan transfer, dokumen atau data webnya ditulis atau dengan menggunakan format HTML. HTML sendiri adalah singkatan dari "hypertext markup language". Disebut dengan markup language karena HTML berfungsi untuk memperindah file tulisan (text) biasa untuk dapat dilihat pada web browser-web browser yang ada.

WEB Server
1. Internet Information Server (IIS)
2. Personal WEB Server (PWS)
3. Apache
4. ColdFusion Server

WEB Client (Browser)
1. Internet Explorer
2. Netscape Navigator
3. Opera

Java Server Pages
Java Server Pages (JSP) merupakan teknologi server script yang berbasis pada bahasa Java.  JSP merupakan bahasa server script yang diciptakan oleh SUN Microsystem untuk membangun aplikasi server. File yang dibuat dengan JSP adalah file-file HTML biasa yang di beri script JSP.

PHP
PHP adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan berada di server (server side HTML embedded scripting). Perintah-perintah yang kita masukan akan sepenuhnya dijalankan dan dikerjakan di server.

Active Server Pages  (ASP)
Active Server Page (ASP) adalah environment script yang dijalankan pada WEB server (Server Side Script). ASP dapat menjalankan berbagai script server antara lain VBScript, JScript.
VBScript sangat mirip dengan bahasa pemgrograman BASIC. Jadi jangan heran jika orang yang sudah mengerti Basic akan dengan mudah menerapkan VBScript pada WEB dinamicnya. Saya sendiri selalu mempergunakan VBScript untuk aplikasi WEB termasuk web ini dibangun dengan VBScript. Lebih detailnya WEB ini dibangun dengan Windows 2000 Server (system operasi), MS-SQL Server2000 (database server), IIS (WEB Server), ASP (Active Server Page) dan VBScript (Client & Server side Script) :).

Membuat Halaman Web

Membuat halaman web dapat dilakukan dengan NotePad, WordPad, MicrosoftWord, WordPerfect, Frotpage atau program lainnya di dalam PC Anda untuk membuat tulisan/text. Jika anda terbiasa dengan Microsoft Visual Basic, saya sarankan anda memakai Microsoft Visual Interdev sebagai alat untuk pengembangan aplikasi WEB anda karena kedua alat pengembangan ini mempunyai antar muka yang mirip. Berdasarkan pengalaman beberapa teman dalam mengembangkan Web database banyak berbekal dari pengalaman pada Visual Basic. VBScript yang dipergunakan pada pengembangan aplikasi web database biasanya adalah juga bekal dari pengalaman di Visual Basic. Jadi jangan heran jika melihat orang yang berbekal Visual Basic akan sangat mudah baginya membuat aplikasi WEB database. Komponen Server yang dapat dikembangkan dari Visual Basic memberikan kontribusi yang tidak sedikit terhadap aplikasi web yang dikembangkan. Terima kasih kepada Microsoft yang telah mengembangkan Tools yang dapat berintegrasi sampai kepada hampir semua level aplikasi yang telah dikembangkannya. Itulah Visual Basic.

No comments:

Post a Comment

Post Comments


Do you have any suggestions ? Add comment. Do not spam!

Search By Google

About this blog

Vision and Mission
Assist each company to improve efficiency and effectiveness to achieve the objectives to serve clients in a professional, objective and sustainable and provide the best solutions for businesses in solving problems in the procurement of informatics and technology.

Excellence
With support from experts and experienced professionals and geared towards fulfilling the needs of clients who put quality in a cost competitif. We also work as partners culter tailored to your company's corporate and can also provide an applicable and practical advice for clients.

New

 

WELCOME

Welcome to the Thomas IPT Blog - Thank you being here, and hope you come back often. Please surf here and read more about the world of computers and various articles of the world that I experienced. There are many things about, you'll probably find something interesting.

ABOUT ME

Working as a Management Information System Design And Development Operations Accounting. Specializing in the manufacture of Retail Database Desktop Applications, ERP / MRP, KSP / KSU, Warehouse, etc by using VB, SQL, Access, Crystal Report

NAVIGASI

SOCIAL STUFF

Info