;

ODBC Minded

Dari seluruh pekerjaan maupun proyek aplikasi yang saya kerjakan selalu menggunakan koneksi dengan ODBC, mungkin dari beberapa orang, banyak yang sudah mengerti penggunaan koneksi dengan ODBC. Saya sendiri pribadi jika ditanya kenapa menggunakan Koneksi Database ODBC, cukup simple jawaban yang saya berikan yaitu :
" GURU YANG MENGAJAR SAYA MENGGUNAKAN KONEKSI ODBC ... xixixi"
otomatis saya yang belajar membuat program 1000% otodidak mau tidak mau juga menggunakan koneksi tersebut. Sudah lebih dari 4 tahun saya menggunakan koneksi tersebut dengan menggunakan Database Ms Access ataupun Ms SQL Server. Bukannya saya minded juga dengan semua Software Microsoft, tapi memang jujur cuma 2 database itu yang saya bisa gunakan... dan juga bukan saya tidak ada keinginan untuk belajar database lain, tapi memang waktu yang tersedia sudah habis untuk mengerjakan berbagai pesanan. Andaikata ada kelebihan waktu lebih banyak saya gunakan untuk bersosialisasi di facebook.... he he he parah banget ya. Dan dengan menulis tentang ODBC di blog ini otomatis saya jadi belajar tentang pengertian fundamental dari koneksi tersebut. Lagian belajar dan saling membagi ilmu juga merupakan tujuan saya menulis disini. Kalo ada yang baca ya lumayan, tapi kalo cuma numpang lewat juga bodo amat... :p bagus lagi kalo ada yang meng-copy dan membagi ke teman yang lain, karena seluruh isi memang saya bebaskan untuk dicopy ke forum atau kemanapun, terserah yang baca ni posting...
Open Database Connectivity (disingkat menjadi ODBC)
Sebuah standar terbuka untuk konektivitas antar mesin basis data. Standar ini menyediakan API yang dapat digunakan untuk menjalankan dan mengoneksikan sebuah aplikasi dengan sebuah sistem manajemen basis data (SMBD). Para desainer ODBC membuatnya dengan tujuan agar ODBC terbebas dari penggunaan bahasa pemrograman tertentu, sistem manajemen basis data tertentu, dan sistem operasi tertentu.
Selayang pandang
Spesifikasi ODBC menawarkan API prosedural untuk menggunakan query dengan bahasa SQL untuk mengakses sebuah basis data. Sebuah implementasi ODBC, akan menyediakan satu aplikasi atau lebih, pustaka inti ODBC, dan juga "driver basis data". Pustaka inti ODBC, yang bersifat independen terhadap aplikasi dan juga DBMS, bertindak sebagai interpreter antara aplikasi dan juga driver basis data, sementara driver basis data mengandung detail-detail mengenai SMBD tertentu. Sehingga, dengan cara seperti ini, para programmer dapat menulis aplikasi basis data, tanpa harus memahami sistem manajemen basis data tertentu, mengingat semuanya telah ditangani oleh ODBC. Akan tetapi, para pembuat driver basis data ODBC hanya harus mengetahui bagaimana caranya memasukkan driver basis data ke dalam pustaka inti ODBC. Dengan begitu, ODBC ini dapat disebut sebagai sistem yang modular.
ODBC memiliki beberapa komponen utama, yakni sebagai berikut:
  • ODBC API: sekumpulan panggilan fungsi, kode-kode kesalahan dan sintaksis SQL yang mendefinisikan bagaimana data dalam sebuah DBMS diakses.
  • Driver basis data ODBC: driver (yang berupa dynamic link library) yang mampu memproses panggilan fungsi ODBC untuk sebuah DBMS tertentu.
  • ODBC Driver Manager: yang bertugas untuk memuat driver basis data ODBC yang dibutuhkan oleh aplikasi.
Pengguna sistem operasi Windows dapat mengonfigurasikan ODBC dengan menggunakan utilitas ODBC yang terdapat di dalam Control Panel. Utilitas ini mengizinkan mereka untuk mendefinisikan DSN (Data Source Name) untuk basis data yang hendak diakses dan juga driver yang digunakan untuk mengakses basis data tersebut. Untuk mengonfigurasikan ODBC dengan utilitas ini, mereka dapat mengasosiasikan sebuah DSN dengan sebuah driver ODBC, yang mengizinkan aplikasi untuk dapat berinterakse dengan sebuah basis data yang disimpan baik secara lokal di dalam mesin yang sama maupun di dalam server jaringan.
Gimana, sudah cukup jelas, kalo belum jelas cari referensi lain juga silahkan, saya lebih suka dengan wiki. Untuk lebih jelasnya cara koneksi akan saya berikan contoh aplikasi dengan menggunakan Ms Visual Basic dan Database Ms Access, untuk Database SQL Server tunggu tanggal mainnya, karena anda baca juga belum selesai jadi jangan terburu-buru dengan Database SQL...

SAMPEL SOURCE CODE

Module.BAS
Public CN As String

Sub Main()
CN = "DSN=LATIHAN;DRIVER={Microsoft Access Driver};Server=CENTRAL;UID= ;PWD=;Database = LATIHAN.mdb;"
LOGIN.Show
End Sub

Public Sub ClearTextBoxes(frmClearMe As Form)
Dim txt As Control
For Each txt In frmClearMe
If TypeOf txt Is TextBox Then txt.Text = ""
Next
End Sub

ADMIN.FRM
Private Sub cmdCLOSE_Click()
Unload Me
LOGIN.Show
End Sub

LOGIN.FRM
Private RDOE As rdoEnvironment
Private RDCO As rdoConnection
Private RCari, tUser, tMasuk As rdoResultset
Private SCari, SqlPass As String
Private Sub cmdCLOSE_Click()
End
End Sub
Private Sub cmdOK_Click()
SCari = "Select * From C013 where UserCode = '" + Text1 + "' and Password = '" + Text2 + "'"
Set RCari = RDCO.OpenResultset(SCari, rdOpenKeyset)
If RCari.RowCount <> 0 Then
Call Masuk
Unload Me
Else
LOGIN.Hide
MsgBox "ANDA TIDAK BERHAK LOG IN KE SYSTEM", vbCritical, "KONFIRMASI"
LOGIN.Show
ClearTextBoxes Me
Text1.SetFocus
End If
RCari.Close
Set RCari = Nothing
End Sub
Private Sub Masuk()
SqlPass = "Select * from C013 where UserCode =  '" + Trim(Text1) + "' "
Set tMasuk = RDCO.OpenResultset(SqlPass, rdOpenDynamic, rdConcurRowVer)
If tMasuk.RowCount <> 0 Then
If tMasuk("MAIN") = "01" Then
ADMIN.Show
ElseIf tMasuk("MAIN") = "02" Then
USER.Show
End If
End If
tMasuk.Close
Set tMasuk = Nothing
End Sub
Private Sub Form_Load()
Set RDOE = rdoEnvironments(0)
Set RDCO = RDOE.OpenConnection("DSN=LATIHAN", rdDriverNoPrompt, False, CN)
ClearTextBoxes Me
End Sub
Private Sub Text1_KeyPress(KeyAscii As Integer)
If KeyAscii = 13 Then
SendKeys "{TAB}"
End If
End Sub
Private Sub Text1_LostFocus()
Text1 = Format(Text1, ">")
End Sub
Private Sub Text2_KeyPress(KeyAscii As Integer)
If KeyAscii = 13 Then
SendKeys "{TAB}"
End If
End Sub
Private Sub Text2_LostFocus()
Text2 = Format(Text2, ">")
End Sub

USER.FRM
Private Sub cmdCLOSE_Click()
Unload Me
LOGIN.Show
End Sub

 SAMPEL FORM


Untuk SAMPEL PROJECT, DATABASE dan SETTING ODBC dapat anda download DISINI
PASSWORD RAR ... th0m4s_1pt
Penjelasan Isi Download :
ADMIN    A
USER       A

Untuk dapat menjalankan aplikasi, pertamakali setting ODBC dengan nama LATIHAN dan alamat database sesuai dimana database LATIHAN.mdb berada
Apabila aplikasi digunakan untuk sistem terintegrasi di dalam jaringan, maka folder/drive dapat di share kemudian copy aplikasi ke setiap komputer client
Kemudian setting ODBC pada masing2 komputer client dengan alamat database pada posisi folder/drive yang di share tadi. Untuk memudahkan lebih baik pada komputer client dibuatkan Network Drive baru untuk folder/drive yang di share.
Apabila aplikasi ini dikembangkan maka akan menjadi suatu aplikasi yang terintegrasi dalam suatu jaringan lokal.
Semoga Bermanfaat ... !!!

3 comments:

  1. sample projek di vb sudah bisa, ms access nya to database di komputer ini lom di install, parahnya lagi ODBC baru pertama kali coba dan browsing di internet caranya ODBC kerja hanya sekedar tahu karena databasenya belum saya buat.
    yah moga saja bisa....
    hik...hik... gini saja tidak bisa bagaimana proyek yang besar
    ne hrs lehih ganda belajar nehhhh

    ReplyDelete
  2. the setup routines for the microsoft dbase driver (*.dbf) odbc driver could not be found. please reinstall the driver

    sob ana mau tanya kenapa ODBC ane ga bisa di pake
    trus ada tulisan ... config DSN, Config Driver, or config translator failed (component not found in the registry).

    dia minta ane install ulang driver.... ape yang salah ya sob.

    tolong penjalasan na sob...???

    di learnjavaprogram.blogspot.com aja

    ReplyDelete
  3. the setup routines for the microsoft dbase driver (*.dbf) odbc driver could not be found. please reinstall the driver

    Yang Digunakan adalah Driver Access (*.mdb) bukan DBase (*.dbf)

    ReplyDelete

Post Comments


Do you have any suggestions ? Add comment. Do not spam!

Search By Google

About this blog

Vision and Mission
Assist each company to improve efficiency and effectiveness to achieve the objectives to serve clients in a professional, objective and sustainable and provide the best solutions for businesses in solving problems in the procurement of informatics and technology.

Excellence
With support from experts and experienced professionals and geared towards fulfilling the needs of clients who put quality in a cost competitif. We also work as partners culter tailored to your company's corporate and can also provide an applicable and practical advice for clients.

New

 

WELCOME

Welcome to the Thomas IPT Blog - Thank you being here, and hope you come back often. Please surf here and read more about the world of computers and various articles of the world that I experienced. There are many things about, you'll probably find something interesting.

ABOUT ME

Working as a Management Information System Design And Development Operations Accounting. Specializing in the manufacture of Retail Database Desktop Applications, ERP / MRP, KSP / KSU, Warehouse, etc by using VB, SQL, Access, Crystal Report

NAVIGASI

SOCIAL STUFF

Info